Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Sunday, May 14, 2017

Pendididkan Dasar Hukum (DIKLATSARKUM) PSKH 2017

Jum,at 21 April 2017, para  calon anggota baru Pusat Studi dan Konsultasi Hukum (PSKH) Fakultas Syariah dan Hukum  UIN Sunan Kalijaga mulai mengikuti rangkaian acara Pendidikan Dasar Hukum (DIKLATSARKUM). Rangkaian acara DIKLATSARKUM diselenggarakan sejak tanggal 21-23 April 2017 di Rumah Hijau, Pangkah, Kabregan,  Srimulyo, Piyungan, Bantul, DIY. Para calon anggota baru PSKH secara bersama-sama diberangkatkan oleh panitia DIKLATSARKUM pada hari Juma’at 21 April 2017 pukul 10:00 dari kampus UIN Sunan Kalijaga ke lokasi DIKLATSARKUM dengan menggunakan transportasi bus.
DIKLATSARKUM PSKH dibuka langsung oleh DR. Sri Wahyuni, M. Ag., M. Hum., selaku Wakil Dekan III Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga; tepat pada hari Juma’t 21 April 2017 pukul 14:00 WIB.  Acara ini diikuti oleh 60 pesrta, mereka adalah calon anggota baru PSKH yang lolos rangkaian tes yang dilaksanakan pada tanggal 15 April 2017. Tujuan diadakannya DIKLATSARKUM kepada para calon anggota baru PSKH untuk membekali mereka dengan keilmuan dasar hukum sebelum mereka berproses di PSKH. 


Setelah acara DIKLATSARKUM dibuka oleh Ibu Wakil Dekan III Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga,  para peserta diberi materi tentang kejaksaan dan keadvokatan. Materi kejaksaan disampaikan langsung oleh Ibu Siti Hartati, S. H., M. H., jaksa di Kejaksaan Negeri Kota Yogayakarta. sedangkan materi keadvokatan disampaikan oleh Bapak Agus Supriyanto S. H. I., M. Hum., Pengacara di Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (APSI).

Ba’da shalat maghrib, acara dilanjutkan dengan materi kehakiman yang disampaikan oleh Bapak Ahsan Dawi Mansur, S. H., S. Hi., M. Si., hakim di Pengadilan Agama Kabupaten Bantul DIY. Setelah materi  kehakiman selesai, acara dilanjutkan dengan materi ke-PSKH-an yang disampaikan oleh Mas Iham Utomo selaku Staf Ahli PSKH, disamping juga pernah menjabat sebagai Direktur PSKH tahun 2016/2017.
Hari kedua DIKLATSARKUM PSKH diawali dengan senam pagi yang diikuti oleh seluruh peserta dan panitia. Selesai acara senam pagi, para peserta dipersilahkan saran pagi sebelum mereka mengikuti acara brain stroming, di mana para peserta diberi kesempatan untuk  mereview semua materi yang telah didapatkan, yaitu kejaksaan, keadvokatan, kehakiman dan ke-PSKH-an.  Pasca acara brain stroming, peserta diminta melakukan persiapan untuk mengikuti sesi study case yang dipandu oleh Ivan Yusuf Faisal selaku Staf Ahli PSKH. pada sesi Study case  ini para peserta dibagi menjadi tim pro dan kontra kemudian berikan contoh kasus untuk diskusikan.




Selesai sesi study case, acara dilanjutkan dengan materi kenotariatan. Narasumber pada sesi materi kenotariatan adalah bapak Agung Wibowo, S. H., M. Kn., selaku Pembina PSKH selain juga sebagai seorang Notaris. Setelah materi keadvokatan selesai acara dilanjutkan dengan materi legal officer yang disampaikan oleh Ibu Lusia Nia Kurniati, S. H., M. H.
Setelah semua materi disampaikan oleh para narasumber yang ahli dibidangnya, acara selanjutnya adalah  penampilan sidang semu oleh petugas dari panitia DIKLATSARKUM. Penampilan ini dilakukan sebagai contoh bagi para peserta DIKLATSARKUM sebelum mereka melakukan lomba sidang semu pada hari ke-3. Sebelum dialksanakannya lomba sidang semu, pada hari ke-2 para peserta dibagi menjadi 3 kelompok. Masing-masing kelompok memiliki 3 pendamping dari panitia. Tiap kelompok diberi waktu selama 12 jam untuk latihan dan mempersiapakan untuk lomba sidang semu.
Pada hari ke-3, pagi harinya diisi senam pagi bersama panitia dan peserta. Acara setelah senam pagi adalah lomba sidang semu. Setelah lomba sidang semu usai, acara dilantjutkan dengan pembentukan korp dan pemilihan ketua korp. Akhirnya disepakati nama korp adalah “Senja Hijau” dan sebagai saudara Dadan Ramdani sebagai ketua korp. Untuk resmi menjadi anggota PSKH, korp baru harus diambil sumpah oleh direktur dihadapan seluruh pengurus. Prosesi pengambilan sumpah oleh Direktur PSKH dilaksanakan pada malam hari sebelum waktu shalat isya. Seluruh peserta DIKLATSARKUM mengikuti prosesi pengambilan sumpah ini dengan penuh hidmat. Setelah para peserta DIKLATSARKUM diambil sumpahnya maka resmilah mereka menjadi anggota PSKH dan Korp Senja Hijau resmi menjadi bagian dari PSKH.



0 comments:

Post a Comment

Copyright © PUSAT STUDI DAN KONSULTASI HUKUM | Powered by Blogger
Design by Viva Themes