Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Sunday, May 14, 2017

Sambutan Direktur PSKH 2017/2018

Alhamdulillah, puji syukur atas rahmat serta hidayah Allah SWT, yang telah memberikan limpahanhan kenikmatan baik yang terlihat maupun yang tidak  terlihat yang selalu memberikan kekuatan, kesehatan, dan ke-istiqomahan kepada seluruh anggota  pusat studi dan konsultasi hukum (PSKH) Fakultas syariah dan hukum UIN sunankalijaga Yogyakarta.
Sholawat serta salam tidak lupa marilah senantiasa kita haturkan kepada junjugan kita nabi Muhammad SAW, nabi pembimbing, nabi Pembina, nabi yang menjadi panutan kita dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam ber-organisasi dan nabi yang kita nantikan syafaatnya di yaumul akhir nanti.
Pusat studi dan konsultasi hukum (PSKH) merupakan unit kegiatan mahasiswa fakultas (UKM-F) yang memiliki visi dan misi yang mulia yaitu menumbuh kembangkan basic hukum demi terciptanya masyarakat yang berkeadilan. Guna membangun sikap aktif, dan kritis mahasiswa fakultas syariah dan hukum UIN sunankalijaga untuk menciptakan masyarakat yang sadar hukum dan memiliki komitmen terhadap kemanusiaan dan keadilan pada umumnya.
Tujuan didirikannya pusat studi dan konsultasi hukum (PSKH)  adalah guna melaksanakan tri darma dan tri karya perguruan tinggi, yakni; Pendidikan, Penelitian, dan pengabdian masyarakat. Sebagai wahana pemberdayaan mahasiswa fakultas syariah dan hukum ter-khusus untuk semua anggota pusat studi dan konsultasi hukum (PSKH) untuk memperluas wawasan hukum, mengembangkan keilmuan dan menumbuhkan sikap kriris, konstruktif, dan solitif terhadap dinamika yang ada disekitar kita.
Pusat studi dan konsultasi hukum (PSKH) didirikan pada tanggal 23 Oktober 1991 yang sampai saat ini masih tetap komitmen untuk menumbuh kembangkan keilmuan mahasiswa fakultas syariah khususnya dibidang hukum guna menciptakan penegak hukum yang unggul, professional dan bermoral. Adapun struktur keorganisasian pusat studi dan konsultasi hukum (PSKH) yang terdiri dari pelindung, (dekan fakultas syariah dan hukum)  penanggung jawab, (wakil dekan III bidang kemahasiswaan dan kerjasama) Pembina (Dosen FSH) Konsultan Ahli (Dosen FSH) majelis pengawas dan penasehat organisasi, (Alumni PSKH) Staf ahli (Demisioner pengurus) Pengurus dan juga anggota pusat studi dan konsultasi hukum (PSKH).
Pusat Studi dan Konsultasi Hukum (PSKH) mempunyai 3 (tiga) bidang konsentrasi dan 1 ( satu) badan semi otonom yang mana diantara semuannya saling berkaitan dan saling mendukung satu dengan yang lainnya, diantaranya adalah :
1.      Bidang Pendidikan dan pengkaderan (DIKDER)
2.      Bidang Penelitian dan pengembangan (LITBANG)
3.      Bidang Publikasi dan relasi (PR)
Badan semi otonom pusat studi dan konsultasi hukum adalah
-          BIRO konsultasi dan advokasi hukum

Harapannya dengan adanya beberapa konsentrasi baik bidang maupun badan semi otonom yang ada di pusat studi dan konsultasi hukum (PSKH) bisa sesuai dengan tujuan dan fungsinya PSKH dan juga tetap menjaga kerukunan terkhusus antar anggota dan pengurus yang pada umumnya PSKH dengan UKM-F lainnya yang ada di lingkup fakultas syariah dan hukum maupun lingkup UIN sunankalijaga Yogyakarta.

0 comments:

Post a Comment

Copyright © PUSAT STUDI DAN KONSULTASI HUKUM | Powered by Blogger
Design by Viva Themes