Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Tuesday, November 21, 2017

Seminar Nasional


Sri Sultan Hamengkubuwono X Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta mengajak kita semua agar senantiasa menjaga kearifan lokal yang ada. Ajakan ini disampaikan Sultan ketika berbicara dihadapan para peserta seminar nasional di Gedung Prof. Soernarjo (Convention Hall) lantai 1 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, (Senin, 20/11/2017)

Dengan berdiri di podium, Sultan menjelaskan bahwa betapa pentingnya menjaga local wisdom (kearifan lokal) yang ada di Indonesia, khususnya di Yogyakarta. Sebab, bangsa ini adalah bangsa yang besar. Memiliki berbagai keanekaragaman di dalamnya. “Menurut pendapat saya, maka itu bukanlah kelemahan, tetapi mestinya menjadi kekuatan,” tutur Sultan.
Selain dihadiri oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X, seminar nasional tersebut juga dihadiri oleh salah satu Pakar Hukum Tata Negara Indonesia, yakni Prof. Dr. Yusril Ihza Mahendra, M.Sc. Juga Puguh Dwi Kuncoro Presiden dari Yayasan Indonesia Youth Dream sebuah NGO yang bergerak dibidang kepemudaan. Dalam kesempatan ini, Prof. Dr. Yusril Ihza Mahendra, M. Sc. memaparkan bahwa "Dalam pembentukan hukum di Indonesia perlu menggali dari sumber hukum yang empat, yaitu: Hukum Islam, Hukum Adat, Hukum Belanda yang masih relevan, dan Konvensi-Konvensi Internasional yang telah di ratifikasi oleh Indonesia".
Acara seminar nasional tersebut mengusung tema: “Ke-Bhinneka-an dan Masa Depan Indonesia Peran Pemuda dalam Rangka Menjaga Keutuhan NKRI.” Salah satu  dari rangkaian acara yang ada di Pekan Hukum 2017.  Sebuah agenda tahunan dari Pusat Studi dan Konsultasi Hukum (PSKH) Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sebelumnya telah dilaksanakan Sekolah Hukum dan Kompetisi Debat Politik-Hukum Se-Pulau Jawa.
Pusat Studi dan Konsultasi Hukum (PSKH) adalah salah satu UKM fakultas yang ada di lingkungan Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogykarta. Pada tahun ini, PSKH merayakan ulang tahun (dies natalies) yang ke-26. Pekan Hukum 2017 sendiri adalah agenda yang dilaksanakan dalam rangka merayakan lahirnya PSKH.




0 comments:

Post a Comment

Copyright © PUSAT STUDI DAN KONSULTASI HUKUM | Powered by Blogger
Design by Viva Themes