Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Sunday, March 18, 2018


          
PUSAT STUDI DAN KONSULTASI HUKUM MENGADAKAN RAPAT PROGRAM KERJA PERIODE 2018-2019.
Yogyakarta (18/18), pengurus Pusat Studi dan Konsultasi Hukum (PSKH) periode 2018-2019 melaksanakan rapat kerja pada Minggu, 18 Maret 2018 pukul 08:30 WIB, di Gedung Balai RW 07 Pengok Kidul, Kelurahan Baciro, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta. 
            Acara rapat kerja tersebut dihadiri oleh pengurus baru PSKH periode 2018-2019, MPPO, Staf Ahli, dan pengurus demisioner. Sebagai tangga awal, acara dibuka dengan sambutan oleh Direktur PSKH yaitu Rois Arfan M. Noor, dilajutkan dengan pemberian materi Ke-PSKH-an oleh Bapak Nasokah, S.H.I., M.H., MDM selaku direktur pertama PSKH, beliau menyampaikan kepada pengurus baru tentang lika-liku PSKH ketika dipimpin oleh beliau dan sekaligus bercerita tentang pengalamannya ketika sudah menjadi alumni PSKH, “untuk berkarir di luar ya teman-teman dimualai dari kampus terlebih dahulu, misalnya dengan mengikuti beberapa organisasi maka teman-teman pasti akan dibekali dengan ilmu dan skill. Semakin dunia berkembang akan semakin banyak permasalahan, lalu semakin banyak berkomunikasi akan semakin banyak pula relasi sosial yang kita dapatkan. Timbulnya persoalan hukum tidak dapat diselesaikan oleh hanya satu disiplin ilmu” jelasnya dalam penyampaian materi ke-PSKH-an.

            Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian materi: Motivasi Kepengurusan, yang disampaikan kepada pengurus baru oleh M. Riris Muldani S.H., selaku Direktur PSKH periode 2015/2016. “Ketika sudah jadi pengurus janganlah mikir aku dapat apa dari PSKH, akan tetapi berpikirlah apa yang saya bisa berikan untuk PSKH” jelasnya dalam penyampaian materi motivasi yang dimoderatori oleh Sauadari Santi Susanti. Selain itu, beliau juga menjelaskan tentang betapa pentingnya sebuah komunikasi dalam sebuah kepengurusan, baik itu komunikasi ke atas, ke awah, maupun kepada sesama pengurus. Beliau mengingatkan pula bila ada permasalahan dalam berorganisasi segeralah untuk dikonsultasikan dan dikomunikasikan supaya dapat mencari solusi bersama-sama.

            Setelah pelaksanaan sholat dzuhur, acara dilanjutkan dengan rapat kerja kepengurusan periode 2018-2019. Acara dipimpin langsung oleh Direktur PSKH sekaligus menyampaikan rencana kerja pengurus harian periode ini. “Kami sebagai pengurus harian akan memonitoring kegiatan kita periode ini, ya nantinya jangan sungkan-sungkan untuk kerja bersama”. Jelasnya disela-sela memimpin rapat kerja. Kemudian penyampaian program kerja dari masing-masing bidang dan biro konsultasi. Penyampaian pertama oleh Dadan Ramdani sebagai kepala bidang Pendidikan dan Pengkaderan (Dikder), banyak masukan dari pengurus, staf ahli, MPPO maupun dari demisioner pengurus tentang program kerja (Proker) yang telah dipresentasikan. Lalu dan ada beberapa perubahan, salah satunya adalah dalam teknis pelaksanaan diskusi rutin PSKH. Lalu penyampaian dari bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang), disampaikan langsung oleh kepala bidang yaitu saudari Santi Susanti. Ada satu program kerja yang dirubah redaksinya setelah adanya beberapa masukan, yaitu pada program kerja Riset dan Focus Grup Discussion diubah menjadi Focus Grup Discussion saja. Selanjutnya adalah penyampaian program kerja dari bidang Publikasi dan Relasi (PR), Gantang Ginanjar sebagai kepala bidang menyampaikan beberapa program kerjanya, kemudian ada beberapa program kerja baru sebagai gebrakan dari bidang PR untuk kepengurusan periode ini yaitu dalam hal pengembangan media sosial, diadakannya akun Youtube khusus untuk PSKH. Lalu penyampaian yang terakhir adalah oleh saudara Muhamad Malik sebagai kepala Biro Konsultasi dan Advokasi Hukum, program kerja biro tidak ada perubahan akan tetapi akan ada pengembangan, magang peradilan dan praktik profesi masih sebagai program kerja andalan, hanya teknis pelaksanaannya yang akan diusahakan menjadi lebih baik. Keseluruhan acara berjalan dengan lancar sampai acara penutup yaitu pukul 16.15 WIB, penutup ditandai dengan dilaksanakannya do’a bersama untuk kelancaran PSKH.  



0 comments:

Post a Comment

Copyright © PUSAT STUDI DAN KONSULTASI HUKUM | Powered by Blogger
Design by Viva Themes