Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Saturday, April 14, 2018


H-3 JELANG PAB, INI DIA TIPS DARI DIREKTUR PSKH!






Bingung menghadapi Tes PAB (Penerimaan Anggota Baru) PSKH, takut nervouse diwawancarai tim Ad hoc, atau, bingun mau belajar apa?. Pada kesempatan kali ini,  LitbangNews (Penelitian dan Pengembangan) berkesempatan berbincang-bincang dengan direktur PSKH, Rois Arfan M Noor, mengenai kiat-kiat sukses menghadapi tes PAB, yuk!
Menurut teman-teman mahasiswa, syarat paling sulit ikut seleksi PAB PSKH adalah membuat esai, benarkah demikian Pak Dir, ada tips?

Ya, dulu saat saya mau masuk PSKH juga merasa kesulitan untuk membuat esai. Bahkan lama jadinya esai saya. Tapi akhirnya saya bisa juga membuat esai. Caranya begini, kalau mau gak ribet, teman-teman pilih saja tema yang disukai. Sebab, kalau asal milih, malah tidak semangat nanti nulisnya, meskipun itu kasus yang aktual misalnya. Dan itu nantinya kan untuk dipresentasikan. Ya, biar gampang dikuasai dan dipertahankan argomentasinya di depan teman-teman. Dan tulislah dengan gaya masing-masing. Karena di PSKH bukan hanya diskusi hukum, tapi juga ada devisi Litbang yang fokusnya kebanyakan menulis. Jadi esai ini penting, bukan hanya untuk dilombakan tapi juga untuk prospek kader Litbang, biar ada genarasinya untuk Litbang selanjutnya.

Mengenai tes tulis, apa yang harus dipersiapkan teman-teman?

Kalau tes tulis kan ada dua. Semester 2 itu materinya PIH, PHI dan Pengantar Studi Islam. Dan untuk semester 4 materinya berbeda, ditambah Hukum Pidana dan Hukum Perdata. Jadi, kan itu sudah sesuai dengan mata kuliah masing-masing, tinggal buka kembali saja mata kuliahnya. Tidak usah belajar sampai gak tidur-tidur dan lupa makan. Santai saja tidak usah panik, nanti malah buyar dan hilang semuanya gara-gara tidak tenang.

Nah, kalau untuk menghadapi pertanyaan tim Ad hoc, bagaimana caranya Pak Dir supaya tidak nervouse?

 Tim Ad hoc bertanya tujuannya kan untuk mengetahui siapa sebenarnya calon keluarga PSKH itu, baik kepribadian dan kesungguhannya mau bergabung ke PSKH. Jadi jawab saja apa adanya, sejujur-jujurnya, dan tidak usah dibuat-buat jawabanya. Malah jawaban yang dibuat-buat itu yang berbahaya, kerena tim Ad hoc pasti mengetahui itu.

Yang terakhir Pak Dir, apa pesanmu selaku direktur PSKH untuk mereka?

Jaga kesehatan, jaga semangatnya, jangan lupa ditengok kembali mata kuliahnya. Semoga lulus!

Report. Crew Litbang



0 comments:

Post a Comment

Copyright © PUSAT STUDI DAN KONSULTASI HUKUM | Powered by Blogger
Design by Viva Themes